LAPORAN
PENELITIAN
PENGARUH
STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI
MA.
ISLAMIYAH CIPUTAT
Dibuat oleh:
UMMI HAFIZHAH
MADRASAH
ALIYAH ISLAMIYAH CIPUTAT
JL.
KIHAJAR DEWANTARA NO. 23 CIPUTAT-TANGERANG SELATAN
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
penelitian sosial yang berjudul “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat” ini dibuat
oleh Ummi Hafizhah, telah diteliti dan disahkan pada:
Hari
/ tanggal :
Tempat :
MA. Islamiyah Ciputat
Yang Mengesahkan,
Wali
Kelas XII Pembimbing Materi Teknis
Elia
Juliawati, S.Pd. Drs. Junaidi
NIP. NIP. 195901121986031006
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Islamiyah Ciputat
Dra. Hj. Iin Kusnaeni
NIP. 150 277 516
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang selalu melimpahkan rahmat dan
kasih sayang-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penelitian sosial ini
yang berjudul “PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT
PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI MA. ISLAMIYAH CIPUTAT” dengan baik sesuai
dengan apa yang diharapkan.
Penelitian
sosial ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas siswa-siswi kelas XII
MA. Islamiyah Ciputat sebagai syarat kelulusan pada tahun ajaran 2011/2012.
Dalam
kesempatan ini, peneliti megucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada
semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material
dalam proses penyelesaian penelitian sosial ini.
Ucapan
terima kasih tersebut ditunjukan kepada yang terhormat:
1. Bapak
Drs. Junaidi, selaku pembimbing penelitian sosial yang turut membantu dan
membimbing kami dalam pembuatan penelitian ini.
2. Ibu Dra.
Hj. Iin Kusnaeni, selaku kepala Madrasah Aliyah Islamiyah Ciputat.
3. Ibu Elia
Juliawati, S.Pd ,selaku wali kelas XII IPS MA. Islamiyah Ciputat.
4. Bapak/Ibu
Guru yang telah mengajarkan dan membagi ilmu pengetahuannya kepada kami.
5. Kedua
orang tua yang telah memberikan do’a dan dukungannya.
6. Siswa-siswi
MA. Islamiyah Ciputat yang telah berpartisipasi sebagai responden.
7. Teman-teman
seperjuangan yang telah banyak membantu peneliti dalam menyelesaikan penelitian
ini.
Semoga
Allah SWT memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada semua pihak yang telah membantu
peneliti.
DAFTAR ISI
Judul i
Lembar
Pengesahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi iv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang 1
B.
Perumusan Masalah 1
C.
Tujuan Penelitian 2
D.
Manfaat Penelitian 2
E.
Sistematika Penelitian 2
BAB II PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
A.
Teori yang Mendasari 3
1.
Pengertian Stratifikasi Sosial 3
2.
Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua 3
3.
Pengertian Prestasi Belajar 4
B.
Ringkasan dan Kerangka Berpikir 4
C.
Hipotesis 4
BAB III METODOLOGI
A.
Pemilihan Subjek Penelitian 5
A.1. Populasi 5
A.2. Sampel 5
B.
Teknik Pengumpulan Data 5
BAB IV PELAKSANAAN PENELITIAN
A.
Instrumen Penelitian 6
B.
Pengolahan / Analisis Data 6
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan 10
B.
Saran 10
Daftar Pustaka 11
Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan mengandung pengertian mendidik,
membimbing, mengajar, dan melatih setiap individu. Penyelenggaraan pendidikan
melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan nonformal.
Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah dengan
proses pengajaran yang berjenjang dan berkesinambungan. Sedang pendidikan
nonformal adalah jalur pendidikan yang diselenggarakan di luar sekolah tanpa
proses pengajaran yang berjenjang dan berkesinambungan. Keluarga merupakan
lembaga pendidikan yang berada di luar pendidikan formal. Dalam keluarga
diselenggarakan pendidikan keluarga dengan pemberikan pendidikan, pengajaran,
dan bimbingan mengenai agama, moral, etika, budaya, dan keterampilan. Sehingga
keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung pendidikan.
Dengan demikian, latar belakang keluarga harus diperhatikan guna tercapainya
pendidikan yang maksimal.
Dalam proses pembelajaran diperlukan sarana
penunjang yang terkadang mahal. Akibatnya bagi orang tua yang tidak mampu
memenuhi sarana penunjang tersebut, maka anak akan terhambat dalam proses
pembelajaran. Dengan demikian, sumber daya manusia menjadi rendah sehingga
menghambat kemajuan bangsa dan negara.
Keadaan demikian dapat kita lihat di MA.
Islamiyah Ciputat, dalam sekolah tersebut terdapat siswa-siswi dengan berbagai
latar belakang sosial ekonomi orang tua yang berbeda. Adanya perbedaan status
sosial ekonomi orang tua para siswa-siswi tersebut mempunyai pengaruh terhadap proses
pembelajaran terutama dalam membiayai seluruh keperluaan pembelajaran. Status
sosial ekonomi orang tua merupakan faktor dalam mencapai keberhasilan
pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini
mencoba mengungkapkan bagaimana besarnya pengaruh status sosial ekonomi orang
tua terhadap tingkat prestasi belajar siswa-siswi di MA.Islamiyah Ciputat.
B.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan di atas maka
dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:
a.
Bagaimana gambaran tentang status sosial ekonomi orang tua
siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat?
b.
Seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua
terhadap tingkat prestasi belajar siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat?
C.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini
bertujuan sebagai berikut:
a.
Untuk mengetahui gambaran tentang status sosial ekonomi
orang tua siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat.
b.
Untuk mengetahui besarnya pengaruh status sosial ekonomi
orang tua terhadap prestasi belajar siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat.
D. Manfaat
Penelitian
a.
Menambah wawasan peneliti dalam membuat penelitian.
b.
Memberikan gambaran kondisi dan pengaruh status sosial ekonomi
orang tua terhadap prestasi belajar siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat.
E. Sistematika
Penelitian
BAB
I PENDAHULUAN
Mencakupi: Latar Belakang,
Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Sistematika
Penelitian.
BAB
II PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
Mencakupi: Teori yang
Mendasari, Ringkasan dan Kerangka Berpikir, dan Hipotesis.
BAB
III METODOLOGI
Mencakupi: Pemilihan Subjek
Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data.
BAB
IV PELAKSANAAN PENELITIAN
Mencakupi: Instrumen
Penelitian dan Pengolahan/Analisis Data.
BAB
V PENUTUP
Mencakupi: Kesimpulan dan
Saran.
BAB II
PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
A. Teori yang Mendasari
1.
Pengertian Stratifikasi Sosial
Dalam masyarakat terdapat sistem lapisan kelompok-kelompok
yang dalam sosiologi dikenal dengan istilah stratifikasi sosial (social
stratification). Stratifikasi sosial adalah pembedaan / pengelompokan
masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial secara bertingkat.
Max Weber mendefinisikan
stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu
sistem sosial tertentu kedalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi
kekuasaan, hak istimewa, dan prestise. Patirim A. Sorokin mendefinisikan
stratifikasi sosial sebagai pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam
kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat
(hierarki).
2.
Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua
Keadaan sosial ekonomi setiap orang berbeda-beda dan
bertingkat, ada yang keadaan sosial ekonominya tinggi, sedang, dan ada pula
yang rendah. Dalam Maftukhah (2007) sosial ekonomi menurut Abdulsyani
(1994) adalah kedudukan atau posisi sesorang dalam kelompok manusia yang
ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi, pendapatan, tingkat pendidikan, jenis
rumah tinggal, dan jabatan dalam organisasi, sedangkan menurut Soerjono
Soekanto (2001) sosial ekonomi adalah posisi seseorang dalam masyarakat
berkaitan dengan orang lain dalam arti lingkungan peraulan, prestasinya, dan
hak-hak serta kewajibannya dalam hubunganya dengan sumber daya.
Keluarga dengan pendapatan cukup atau tinggi pada umumnya
akan lebih mudah memenuhi segala kebutuhan sekolah dan keperluan lain. Berbeda
dengan keluarga yang mempunyai penghasilan relatif rendah, pada umumnya
mengalami kesulitan dalam pembiayaan sekolah, begitu juga dengan keperluan
lainnya. Keadaan sosial ekonomi yang baik dapat yang menghambat ataupun
mendorong dalam belajar. Masalah biaya pendidikan juga merupakan sumber
kekuatan dalam belajar karena kurangnya biaya pendidikan akan sangat mengganggu
kelancaran belajar. Salah satu fakta yang mempengaruhi tingkat pendidikan anak
adalah pendapatan keluarga. Tingkat sosial ekonomi keluarga mempunyai pengaruh
yang tinggi terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, sebab segala kebutuhan
anak yang berkenaan dengan pendidikan akan membutuhkan sosial ekonomi orang
tua.
3.
Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan /
keterampilan yang dikembangkan dengan nilai tes (nilai / angka) yang diberikan
oleh guru / pendidik. Prestasi sangat dipengaruhi oleh peran orang tua,
keluarga dan dukungan lingkungan dalam memberikan motivasi. Individu yang
diberikan dorongan untuk berprestasi akan lebih realistis dalam mencapai
tujuannya.
B. Ringkasan
dan Kerangka Berpikir
Berdasarkan teori tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa
ada pengaruh antara status sosial
ekonomi
orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Secara sederhana dapat terlihat
bahwa keluarga yang memiliki status sosial ekonomi yang tinggi akan mudah
memenuhi segala kebutuhan hidupnya, termasuk dalam kemudahan memperoleh
akses-akses yang berhubungan dengan pendidikan. Sebaliknya, keluarga yang
memiliki status sosial ekonomi rendah akan mengalami kesulitan dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya, karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki maka
anak mengalami kesulitan dalam memperoleh pendidikan.
C. Hipotesis
Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat dirumuskan hipotesis
(Ha) sebagai berikut.
Adanya
pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat prestasi
belajar siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat.
BAB III
METODOLOGI
A. Pemilihan Subjek
Penelitian
Dalam suatu penelitian, perlu
menentukan subjek dan objek penelitian, yang menjadi subjek penelitian adalah
orang / responden sebagai sumber data, sedangkan yang menjadi objek penelitian
adalah yang menjadi pusat perhatian peneliti. Lebih lanjut dapat diuraikan
sebagai berikut.
A.1. Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah
kumpulan unit-unit elementer, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel
yang memenuhi syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam hal
ini populasinya adalah siswa-siswi MA. Islamiyah Ciputat.
A.2. Sampel
Sampel merupakan bagian dari
populasi yang diambil dan dipergunakan untuk penelitian sifat dan karakternya
mewakili populasi sebagai subjek penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini
50 siswa dengan objek penelitiannya adalah status sosial ekonomi orang tua
siswa terhadap tingkat prestasi belajar siswa.
B. Teknik
Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini metode
pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket. Angket digunakan untuk
mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa dan prestasi belajar siswa.
BAB IV
PELAKSANAAN
PENELITIAN
A.
Instrumen
Penelitian
Instrumen penelitian adalah suatu alat yang
digunakan mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati. Secara spesifik semua
fenomena ini disebut variabel penelitian (Sugiyono, 2009:202).
Dalam
penelitian ini ada dua instrumen yang digunakan yaitu:
a.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur status
sosial ekonomi orang tua siswa.
b.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi
belajar siswa.
B.
Pengolahan /
Analisis Data
Tabel
No.
|
Nama
|
Kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1
|
Abdul Kohar
|
XII
|
c
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
2
|
Abdul Latief Sahal
|
XI
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
c
|
3
|
Ade Fauziah
|
XI
|
c
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
4
|
Agustina A.
|
XI
|
a
|
c
|
b
|
c
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
c
|
5
|
Akbar Rafsanjani
|
X
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
a
|
c
|
c
|
6
|
Alfi Ahli Fikriyah
|
X
|
b
|
c
|
b
|
b
|
b
|
b
|
c
|
a
|
b
|
a
|
7
|
Ani Fitriyani
|
X
|
b
|
b
|
b
|
c
|
b
|
a
|
c
|
b
|
b
|
a
|
8
|
Anisa Rahmawati
|
XII
|
a
|
b
|
c
|
b
|
c
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
9
|
An-nisa Dwicahaja A.
|
XI
|
c
|
c
|
b
|
a
|
b
|
a
|
c
|
b
|
a
|
a
|
10
|
Annisa Ulmasturotin
|
X
|
b
|
b
|
a
|
b
|
b
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
11
|
Ayu Ulfah Purnama S.
|
X
|
c
|
c
|
b
|
b
|
b
|
a
|
c
|
a
|
a
|
c
|
12
|
Bayu Pradipta
|
XI
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
b
|
13
|
Dedi Nurdiansyah
|
XII
|
b
|
a
|
b
|
b
|
c
|
b
|
c
|
b
|
c
|
b
|
14
|
Dewi Rachmawati
|
XII
|
b
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
b
|
a
|
b
|
a
|
15
|
Didah
|
XI
|
c
|
c
|
a
|
b
|
b
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
16
|
Dina Astuti
|
XII
|
a
|
b
|
c
|
b
|
b
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
17
|
Ega Cahyani S. R.
|
X
|
b
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
b
|
c
|
c
|
a
|
18
|
Eldi Adrian
|
XI
|
b
|
a
|
a
|
a
|
c
|
c
|
a
|
a
|
c
|
a
|
19
|
Faqih
|
X
|
b
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
20
|
Febriyanto
|
X
|
a
|
c
|
a
|
c
|
b
|
b
|
c
|
a
|
c
|
b
|
21
|
Fikri Aulia
|
X
|
c
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
22
|
Fitriah Handayani
|
X
|
c
|
a
|
b
|
c
|
b
|
b
|
c
|
a
|
b
|
a
|
23
|
Gilang Ramadhan
|
X
|
a
|
b
|
a
|
b
|
c
|
a
|
a
|
c
|
c
|
a
|
24
|
Hana Hanifah
|
XII
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
a
|
25
|
Indah Suangsih
|
X
|
b
|
a
|
b
|
c
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
26
|
Izah Dinilah
|
XI
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
27
|
Jenni Afriyani
|
X
|
c
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
c
|
28
|
Lia Nuraida
|
XI
|
c
|
b
|
b
|
b
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
c
|
29
|
Marhah Qoyyimah
|
XII
|
c
|
c
|
a
|
b
|
b
|
b
|
c
|
a
|
b
|
a
|
30
|
M. Agus Jaya Saputra
|
XI
|
b
|
b
|
c
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
c
|
31
|
M. Habib Ramadhan
|
XI
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
c
|
32
|
M. Syarif Hidayatullah
|
XII
|
b
|
c
|
b
|
c
|
a
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
33
|
Nuriska
|
XI
|
a
|
c
|
b
|
b
|
a
|
a
|
b
|
a
|
b
|
c
|
34
|
Nurmila
|
X
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
b
|
c
|
a
|
35
|
Nur Nazmi Laila
|
X
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
c
|
36
|
Nurul Azizah
|
XII
|
b
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
b
|
b
|
b
|
a
|
37
|
Nurul Fadhillah
|
XII
|
c
|
b
|
b
|
c
|
a
|
b
|
b
|
c
|
a
|
c
|
38
|
Restiana Maulida
|
XII
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
39
|
Rezha Fadlandika
|
X
|
c
|
c
|
b
|
c
|
a
|
a
|
b
|
c
|
c
|
c
|
40
|
Rina Anggraina
|
X
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
41
|
Rini Anggraini
|
X
|
b
|
c
|
b
|
c
|
b
|
b
|
c
|
a
|
c
|
a
|
42
|
Rizki Nurrahmawati
|
XII
|
b
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
c
|
b
|
b
|
a
|
43
|
Saidah Asdianti
|
XII
|
c
|
a
|
a
|
c
|
b
|
a
|
c
|
b
|
b
|
a
|
44
|
Salma Al-ayubi
|
XII
|
b
|
b
|
a
|
b
|
c
|
b
|
c
|
b
|
b
|
a
|
45
|
Satria Gelar Pusaka
|
XII
|
b
|
b
|
b
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
46
|
Sella
|
XI
|
b
|
b
|
a
|
b
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
47
|
Septidi Age Pratama
|
XII
|
c
|
b
|
c
|
b
|
b
|
a
|
c
|
c
|
b
|
b
|
48
|
Sufyan Mahbubi
|
XII
|
b
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
c
|
b
|
c
|
a
|
49
|
Ubad Badru Salam
|
XII
|
c
|
c
|
a
|
b
|
a
|
a
|
b
|
a
|
b
|
c
|
50
|
Winda Sulistyaningsih
|
XII
|
b
|
b
|
c
|
b
|
c
|
a
|
c
|
b
|
c
|
c
|
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan
pembahasan yang telah peneliti uraikan pada bab sebelumnya mengenai hubungan
antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa-siswi
MA. Islamiyah Ciputat, maka peneliti mencoba menyusun kesimpulan dan saran.
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa status sosial ekonomi orang tua siswa
dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa yang status sosial orang
tuanya tinggi cenderung berprestasi, karena fasilitas-fasilitas belajar yang
disediakan orang tuanya mencukupi.
Sebaliknya,
siswa yang status sosial ekonomi orang tuanya rendah cenderung prestasinya
melemah. Hal ini dikarenakan kurangnya minat belajar serta fasilitas yang sulit
didapatkan.
B.
Saran
Setelah ditarik
kesimpulan sebagaimana tersebut diatas selanjutnya peneliti mengajukan beberapa
saran, yaitu sebagai berikut.
1.
Pengelola pendidikan hendaknya memberikan
dorongan motivasi yang besar kepada siswa yang perekonomian orang tuanya rendah
agar lebih meningkatkan prestasi belajarnya, serta menyediakan
fasilitas-fasilitas belajar secara gratis agar minat belajar siswa bangkit dan
siswa akan dengan mudah mencapai prestasi belajar yang diharapkan.
2.
Siswa harus diberi pengarahan mengenai
pentingnya ilmu pengetahuan yang di berikan disekolah, agar masalah
perekonomian orang tua siswa tidak lagi dijadikan alasan siswa untuk tidak
berprestasi.
DAFTAR PUSTAKA
www.Google.com
Zuhro. Sosiologi SMA Kelas XII. 2007.
Jakarta : penerbit Yudhistira.
Nazir, Moh. 1988.Metode Penelitian. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Prasetyo, Bambang. 2001. Penyusunan Laporan
Penelitian.
artikelnya sangat membantu, terimakasih, salam sukses
BalasHapusmntap gan
BalasHapusMkasih yaa
BalasHapusmakasih
BalasHapusMantap proposal nya mkssh ^^
BalasHapusTerima kasih
BalasHapus